Thursday, May 23, 2013

Cara Tepat Berkomunikasi dengan Anak kecil


Cara Tepat Berkomunikasi dengan Anak Usia 2 hingga 3 Tahun 

Sebagai orang tua, anda tentunya harus selalu memperhatikan tahap perkembangan si kecil. Salah satu cara yang dapat anda lakukan bagi memantau perkembangan anak anda adalah dengan menciptakan komunkasi yang baik secara dua arah. Tidak terkecuali dengan anak anda yang sedang berusia 2 hingga 3 tahun. Pada usia ini sebaiknya anda perhatikan betul-betul komunikasi anda dengan si anak. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan agar perkembangan anak semakin baik dan juga komunikasi dengan anak berjalan lancar. 

Pola Komunikasi yang Harus Anda Bangun/Lakukan

Usia 2 hingga tiga tahun adalah usia dimana perkembangan bahasa dan juga komunikasi anak anda akan berkembang secara pesat. Pada masa ini biasanya anak anda sudah dapat mengikuti arahan sederhana yang anda ajarkan. Pada tahapan ini anak anda juga sudah dapat untuk mengucapkan lebih dari 50 kata dan bahkan lebih. Anak anda sudah dapat mula mengucapkan kalimat sederhana dan juga gabungan kata yang bersifat sederhana. Semasa mengajar anak anda, ingatlah bahawa anak di usia ini hanya dapat mengikuti 2 arahan saja. Misalnya anda menyuruh anak untuk mengambil makanannya dan segera memakannya. Pada usia ini biasanya anak baru dapat mengenali sukukata gabungan yang sifatnya masih mudah. Usahakan tidak menggunakan sukukata majemuk bertingkat lebih dari dua tingkat agar anak tidak berasa bingung. Pada usia sekitar tiga tahun anak anda biasanya sudah dapat mengingat lebih dari 200 kata hingga lebih. Bahawa banyak juga anak yang sudah mampu menggabungkan tiga hingga empat susunan kata secara bersamaan. Saat anak anda berusia tiga tahun, setidak-tidaknya anda sudah dapat mengerti dan memahami apa yang anak anda katakan. Anak anda sudah mula berbicara dengan jelas dan lancar. Hampir 75% perkataan anak sudah anda faham. Sehingga pada usia ini jangan lupa untuk selalu mengenalkan kata-kata baru kepada anak untuk merangsang otaknya agar ia berkembang dengan baik. 

Cara untuk Meningkatkan Komunikasi Anak

Pada usia 2 hingga 3 tahun anda dapat melakukan beberapa perkara berikut supaya ia dapat meningkatkan komunikasi dengan anak. Caranya adalah dengan mengajak anak anda untuk berbicara mengenai rancanganya di hari esok. Anda boleh berbicara dengan anak anda pada waktu lapang ataupun sebelum waktu tidur. Jangan lupa untuk selalu bacakan buku cerita yang dia suka. Saat si kecil sudah mulai faham, cubalah ajak dia untuk berganti membaca cerita tersebut untuk anda. Walaupun baru sedikit-sedikit lama-kelamaan anak anda akan mulai paham dan pengetahuannya semakin meningkat. Pujilah anak anda ketika dia telah berhasil bercerita kepada anda. Pujian dapat menstimulasi anak untuk semakin berani mencuba berkomunikasi dengan anda.

No comments:

Post a Comment